Memuat Makalah-Makalah Tingkat SMA/MA dari Semua Jurusan. Mulai Dari Jurusan IPA, Jurusan IPS Hingga Jurusan Bahasa. Semua Makalah atau Contoh Makalah Didalam Blog ini, Disesuaikan Dengan Mata Pelajaran Masing-Masing Jurusannya. Anda Dapat Mencari Sesuai Jurusan atau Mata Pelajaran Yang Anda Minati. Anda Juga Dapat Menyalin (Meng-kopi) Makalah Di Blog Ini Secara Gratis dan Setelah Itu Membagikannya Ke Media Sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google+ dan Media Sosial Lainnya.

Makalah Terbaru

Post Top Ad

Sabtu, 24 Maret 2018

Makalah Terbaru Tentang Perdagangan Internasional

Makalah Ekonomi SMA/MA, Makalah tentang Perdagangan Internasional
Hilir mudiknya kapal-kapal pengangkut barang antarnegara menunjukkan keterkaitan antarmanusia di seluruh dunia
(Sumber : WIKIPEDIA)


KATA PENGANTAR

Segala puji  dan syukur  kita  panjatkan kepada Tuhan Yang  Maha  Esa, atas berkat  rahmat dan karunia-Nya lah makalah ini dapat terselesaikan dengan baik tanpa ada kendala yang berarti.
Makalah ini merupakan makalah yang tersusun dari berbagai sumber dan referensi dalam bidang studi ekonomi. Dalam makalah ini mengangkat sebuah judul tentang “Perdagangan Internasional”, yang kami kiranya para pembaca dapat mengetahui perdagangan internasional, tujuan dan kebijakan dari perdagangan internasional.
Meskipun Kami telah menyelesaikan makalah ini, namun Kami sadar bahwa mungkin didalam kandungan makalah yang tersaji ini masih terdapat sesuatu yang kurang. Karenanya, kami selaku pembuat makalah ini, mohon dengan sangat agar para pembaca dapat memberikan kritik dan saran yang konstruktif agar kami dapat memperbaiki kesalahan yang terdapat pada makalah kami. Dan tidak lupa kami sangat berharap agar makalah ini sangat bermanfaat bagi para pembaca.



                                                                                                           Baubau,  24 Maret 2018


                                                                                                                   
                                                                                                                   Tim Penyusun









DAFTAR ISI
Halaman
            Judul ……………………………………………………………………..              
            Kata Pengantar ………………………………………………………….              
            Daftar Isi …………………………………………………………………              
            BAB 1 PENDAHULUAN ……………………………………………….             
                   1.1 Latar Belakang .…..…………………………………………….              
                   1.2 Rumusan Masalah ……………………………………………..              
                   1.3 Tujuan …………………………………………………………..              
            BAB 2 PEMBAHASAN .………………………………………………..              
                   2.1 Pengertian Perdagangan Internasional  …..………………….              
                   2.2 Teori Perdagangan Internasional …………………………….              
                   2.3 Manfaat Perdagangan Internasional …………………………              
                   2.4 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional ........................              
                   2.5 Faktor Penghambat Perdagangan Internasional ……………              
                   2.6 Kebijakan Perdagangan Internasional   ……………………..              
                   2.7 Tujuan Kebijakan Perdagangan Internasional ………...........              
                   2.8 Neraca Pembayaran ……………………………………………              
            BAB 3 PENUTUP ……………………………………………………….            
                   3.1 Kesimpulan ……………………………………………………..              
                   3.2 Saran ……………………………………………………………             
            Daftar Pustaka …………………………………………………………..              
           



Makalah Ekonomi Tentang Perdagangan Internasional



BAB 1

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Tak bisa dipungkiri bahwa dalam beberapa dekade terakhir, perekonomian global telah mengalami peningkatan yang luar biasa dalam perpindahan faktor produksi dan barang. Pengaruh globalisasi memberi ekses tertentu bagi dunia bersama-sama dalam konsumsi layanan, barang, nama merek, serta pengetahuan. Hal ini dapat dibuktikan dengan hadirnya teori perdagangan internasional yang komprehensif sangat penting tidak hanya untuk ekonomi profesional tetapi juga untuk setiap orang yang ingin memahami mekanisme globalisasi dan hubungan antar bangsa. Idealnya, teori perdagangan "seharusnya" memberikan wawasan ke dalam mekanisme perdagangan internasional dan penentu pola perdagangan, dan interaksi perdagangan dan pertumbuhan ekonomi.
Aspek spesialisasi atau sesuai dengan minat dalam masyarakat adalah salah satu aspek penting dalam perdagangan. Bahkan dalam masyarakat yang paling primitif sekalipun, orang bekerja sama dalam penggunaan sumber daya mereka yang terbatas. Tingkat tinggi spesialisasi dalam masyarakat membuat standar hidup semakin tinggi dan persediaan barang dan jasa lebih banyak. Tanpa perdagangan spesialisasi tidak terjadi. Pertukaran barang dan jasa antara penduduk Negara yang berbeda disebut perdagangan internasional. Setiap negara cenderung untuk mengkhususkan diri dalam produksi komoditas yang dapat menghasilkan dengan biaya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan negara lain.
Tidak jarang, dalam aktivitas perdagangan internasional memunculkan persaingan dagang. Hal ini bukanlah sesuatu yang baru atau tabu. Mengapa terjadi demikian? Dan Apa juga faktor-faktor penyebabnya? dan berbagai pertanyaan lainnya.

          Persoalan ini yang melatarbelakangi Kami untuk kemudian memasukkan topik tentang
"PERDAGANGAN INTERNASIONAL" dalam makalah kami.


1.2  Rumusan Masalah
1.      Apa itu Perdagangan Internasional?
2.      Apa saja teori-teori tentang Perdagangan Internasional?
3.      Apa saja Manfaat yang ditimbulkan dari perdagangan Internasional?
4.      Faktor – faktor apa yang terdapat pada Perdagangan Internasional?
5.      Kebijakan apa saja yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam Perdagangan Internasional?
6.      Apakah Tujuan pemerintah membuat Kebijakan pada Perdagangan Internasional?
7.      Apa itu Neraca Pembayaran?


1.3  Tujuan
Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut:
1.      Mengetahui apa itu Perdagangan Internasional
2.      Mengetahui Teori yang terdapat pada perdagangan Internasional
3.      Mengetahui Manfaat yang ditimbulkan oleh Perdagangan Internasional
4.      Mengetahui Berbagai Faktor dalam Perdagangan Internasional
5.      Mengetahui Kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam Perdagangan Internasional
6.      Mengetahui Apa Tujuan pemerintah membuat Kebijakan dalam Perdagangan Internasional
7.      Mengetahui Apa itu Neraca Pembayaran

















BAB 2
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Perdagangan Internasional
Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antar-perorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. Di banyak negara, perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP. Meskipun perdagangan internasional telah terjadi selama ribuan tahun (lihat Jalur SutraAmber Road), dampaknya terhadap kepentingan ekonomi, sosial, dan politik baru dirasakan beberapa abad belakangan. Perdagangan internasional pun turut mendorong Industrialisasi, kemajuan transportasiglobalisasi, dan kehadiran perusahaan multinasional.
Kecenderungan setiap negara adalah sama dalam hal untuk mengkhususkan diri dalam produksi komoditas yang dapat mereka hasilkan dengan biaya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan negara lain. Oleh karena itu, pembagian kerja internasional dan spesialisasi meriyatkan perdagangan internasional. Tanpa perdagangan internasional hal itu tidak dapat terjadi.
Seperti kita ketahui bahwa Perdagangan Internasional adalah suatu proses tukar-menukar atau  jual beli barang dan jasa yang terjadi antara dua negara atau lebih. Ada dua macam perdagangan internasional yaitu ekspor dan impor. Ekspor adalah kegiatan menjual barang, jasa, atau  faktor produksi ke luar negeri dengan tujuan memperoleh keuntungan sedangkan Impor adalah kegiatan membeli barang, jasa, atau faktor produksi dari luar negeri dengan memperoleh keuntungan.
Menurut beberapa ahli terdapat beberapa pengertian perdagangan internasional antara lain:

1.     Amir M.S yang menyatakan bahwa “Dibandingkan dengan pelaksanaan perdagangan di dalam negeri, perdagangan internasional sangatlah rumit dan kompleks.” Kerumitan tersebut antara lain disebabkan karena adanya batas-batas politik dan kenegaraan yang dapat menghambat perdagangan.
2.     Adam Smith yang  menyatakan  bahwa “Memfokuskan pada keuntungan mutlak yang menyatakan bahwa suatu negara akan memperoleh keuntungan mutlak dikarenakan negara tersebut mampu memproduksi barang dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan negara lain.”
3.    Ricardian yang  menyatakan bahwa “Memfokuskan  pada  kelebihan komparatif dan mungkin merupakan konsep paling penting dalam teori pedagangan internasional.” Tidak seperti model lainnya, rangka kerja model ini memprediksi dimana negara-negara akan menjadi spesialis secara penuh dibandingkan memproduksi bermacam barang komoditas. Ricardian tidak secara langsung memasukan faktor pendukung, seperti jumlah relatif dari buruh dan modal dalam negara.
4.   Heckscgher-Ohlin yang  menyatakan bahwa “Alternatif dari model Ricardian dan dasar kelebihan komparatif. Mengesampingkan kompleksitasnya yang jauh lebih rumit model ini tidak membuktikan prediksi yang lebih akurat.”

2.2 Teori Perdagangan Internasional
Tercatat ada 2 (dua) teori dalam  perdagangan internasional yaitu teori keunggulan mutlak dan teori keunggulan komparatif.
1.      Teori Keunggulan Mutlak (Absolute Advantage Theory)
Teori ini dipelopori oleh Adam Smith
Suatu negara disebut memiliki keunggulan mutlak dari negara lain jika negara tersebut mampu memproduksi lebih banyak barang daripada negara lain. Biasanya, menggunakan sumber produksi yang sama. Teori ini menjelaskan bahwa dengan melakukan spesialisasi pada produksi barang yang produktivitas-nya lebih tinggi dibandingkan negara lain, negara itu akan memperoleh keuntungan dalam perdagangan internasional.
2.      Teori Keunggulan Komparatif (Comparative Advantage Theory)
Teori ini dipelopori oleh David Ricardo
David Ricardo merupakan murid dari Adam Smith, ia melengkapi teori gurunya yang mengatakan bahwa perbedaan keunggulan komparatif juga dapat memberi keuntungan. Dua negara akan tetap dapat melakukan pertukaran melalui perdagangan internasional walaupun salah satu negara mempunyai semua keunggulan.

2.3 Manfaat Perdagangan Internasional
Perdagangan internasional akan memberikan keuntungan bagi pelaku – pelakunya. Namun, lebih dari itu secara makro manfaat perdagangan internasional juga tidak sedikit. Manfaat – manfaat tersebut antara lain sebagai berikut :
1.      Memperoleh Divisa
Jika suatu negara mengekspor suatu komoditas, maka akan  mendapat mata uang asing. Mata uang asing itulah yang disebut devisa. Devisa dapat digunakan untuk membeli barang, jasa, atau faktor produksi dari negara lain.
2.      Memperluas Kesempatan Kerja
Kegiatan ekspor akan memberikan kesempatan untuk memperluas kesempatan kerja. Untuk menghasilkan barang ekspor dibutuhkan tenaga kerja yang sangat besar untuk memenuhi target yang ditentuka oleh suatu perusahaan.
3.      Men-stabil-kan Harga-harga
Jika harga suatu jenis barang dalam negeri mahal atau jumlahnya tidak memenuhi permintaan pasar, barang tersebut harus diimpor. Dengan adanya impor, harga barang yang mahal perlahan akan kembali stabil dan permintaan akan terpenuhi.
4.      Meningkatkan Kualitas Konsumsi
Melalui perdagangan internasional, masyarakat dapat membeli barang yang belum dapat dihasilkan oleh negaranya atau mutunya kurang. Perdagangan internasional  dapat memacu industri dalam negeri untuk meningkatkan kualitas produk untuk bersaing di pasar internasional.
5.      Mendorong Munculnya Teknologi Baru Dalam Proses Produksi
Spesialisasi akan membuat produsen terus berusaha melakukan perkembangan teknologi baru agar biaya produksi semakin murah.
6.      Memperluas Daerah Pemasaran
Adanya perdagangan internasional menyebabkan pasar yang bisa dijangkau produsen semakin luas, karena tidak hanya di dalam negeri melainkan di luar negeri juga.
7.      Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi
Spesialisasi produksi, penemuan teknologi baru, dan pasar yang sangat luas karena adanya perdagangan internasional membuat perekonomian terus berjalan lebih cepat, sehingga pertumbuhan ekonomi juga akan lebih cepat.
8.      Setiap Negara Akan Menikmati Semua Barang yang Dibutuhkan.
Suatu negara yang tidak memproduksi barang yang ter-spesialisasi atau ter-standarisasi, akan tetap bisa menikmati barang dari negara lain yang telah dibayar.
9.      Memungkinkan Terjadinya Spesialisasi
Suatu negara tidak perlu untuk memproduksi barang komoditi, karena negara itu akan mendapatkan barang yang negara perlukan. Karena biaya yang mahal menjadi salah satu negara dalam memproduksi barang.
10.  Meningkatkan Produktivitas dan Efesiensi Produksi
Dengan berkonsentrasi memproduksi barang – barang yang biaya produksinya murah, sehingga faktor produksinya bisa dialihkan untuk memproduksi barang itu. Sehingga produktivitas imput akan meningkat dan proses produksi menjadi lebih efisien.

2.4 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional
Adanya banyak faktor yang mendorong negara – negara di dunia melakukan perdagangan internasional. Faktor tersebut antara lain sebagai berikut :
1.      Perbedaan Sumber Daya Alam
Perbedaan sumber daya alam mengakibatkan setiap negara menghasilkan produk yang berbeda, jarang suatu negara memiliki sumber daya alam yang lengkap untuk memenuhi konsumsi. Hal ini mendorong terjadinya perdagangan di antara negara yang memiliki sumber daya yang berbeda, dengan cara melakukan pertukaran antarnegara.
2.      Perbedaan Barang dan Jasa yang Diproduksi
Karena keterbatasan yang dimiliki, suatu negara tidak mungkin memproduksi sendiri semua barang dan jasa yang dibutuhkan warga negaranya. Hal ini yang menyebabkan ada perbedaan barang dan jasa yang diproduksi. Dan juga, sangat memungkinkan untuk melakukan perdagangan internasional.
3.      Perbedaan Selera Konsumen
Selera konsumen akan memengaruhi jenis barang dan jasa yang akan diimpor atau diekspor suatu negara. Misalnya warga Eropa menyukai produk yang bernuansa alam, maka Indonesia berkesempatan dalam mengekspor produk yang bernuansa alam ke Eropa.
4.      Penghematan Biaya Produksi (Efisiensi)
Perdagangan internasional memungkinkan suatu negara dapat memasarkan hasil produksi pada banyak negara. Negara yang berproduksi dalam jumlah yang besar sehingga dapat menurunkan biaya produksinya. Barang yang diproduksi dalam jumlah besar maka akan murah, sebaliknya barang yang diproduksi dalam jumlah yang kecil akan mahal. Masalah ini kemudian menjadi alasan sehingga negara berkembang tidak dapat memproduksi barang yang memiliki teknologi tinggi.
5.      Perbedaan Harga Barang yang Diproduksi
Perbedaan ini terjadi karena adanya perbedaan biaya produksi untuk menghasilkan barang tersebut. Perbedaan biaya produksi disebabkan karena adanya perbedaan kemampuan negara dalam mengolah sumber daya ekonomi yang dimiliki. Dengan demikian, akan menyebabkan suatu negara memilih untuk mengimpor barang yang biaya produksinya di dalam negeri lebih mahal sehingga harganya akan lebih mahal.
6.      Perbedaan Teknologi
Beberapa negara telah berhasil dalam memproduksi teknologi maju. Dan sebagian lagi belum dapat menerapkan teknologi maju dengan baik. Negara yang menggunakan teknologi maju akan menjual barang dengan murah pada negara yang teknologinya masih sederhana.
7.      Keinginan Membuka Kerja Sama dengan Negara Lain.
Faktor  ini akan mendorong terjadinya perdagangan internasional yang pada gilirannya akan menyebabkan kerja sama antarnegara di bidang lain juga semakin erat.
8.      Era Globalisasi
Era globalisasi yang salah satunya terwujud dengan perdagangan bebas dunia yang akan segara menyearang negara berkembang mau tidak mau harus di hadapi oleh negara itu.

2.5 Faktor Penghambat Perdagangan Internasional
Ada beberapa faktor yang dapat menjadi hambatan dalam melakukan perdagangan internasional. Faktor – faktor tersebut antara lain :
1.      Tidak Amannya Suatu Negara
Jika suatu negara tidak aman, maka para pedagang akan beralih ke negara lain yang lebih lama. Faktor keamanan akan mempengaruhi untuk melakukan perdagangan internasional.
2.      Kebijakan Ekonomi Internasional oleh Pemerintah
Ada beberapa kebijakan suatu negara yang menghambat kelancaran perdagangan internasional. Misalnya, perizinan yang rumit, pembatasan jumlah impor dan ekspor, dan lain-lain.
3.      Tidak Stabilnya Kurs Mata Uang Asing
Tidak stabil-nya kurs mata uang asing, membuat para eksportir maupun importir mengalami kesulitan untuk menentukan harga valuta asing. Ini akan berdampak terhadap penawaran dan permintaan dalam perdagangan.
4.     Perbedaan Mata Uang Antarnegara
Mata uang yang berlaku di setiap negara berbedaPembayarannya tentunya akan berkaitan dengan nilai uang itu sendiri. Negara yang melakukan kegiatan ekspor, biasanya meminta kepada negara pengimpor untuk membayar dengan menggunakan mata uang negara pengekspor. Dengan demikian, agar kedua negara diuntungkan dan lebih mudah proses perdagangannya perlu adanya penetapan mata uang sebagai standar internasional.
5.     Kualitas Sumber Daya yang Rendah
Rendahnya kualitas tenaga kerja dapat menghambat perdagangan internasional karena jika sumber daya manusianya rendah, maka kualitas dari hasil produksi (produk) akan rendah. Suatu negara yang memiliki kualitas produk rendah akan sulit bersaing dengan barang yang dihasilkan oleh negara lain yang kualitasnya lebih baik. Dan ini akan menjadi hambatan bagi negara yang bersangkutan untuk melakukan perdagangan internasional.

2.6 Kebijakan Perdagangan Internasional
Kebijakan perdagangan internasional adalah rangkaian tindakan yang akan diambil untuk mengatasi kesulitan atau masalah hubungan perdagangan internasional guna melindungi kepentingan nasional.
Adapun tujuan yang akan ditargetkan pemerintah dari kebijakan perdagangan internasional itu antara lain : 
1.      Melindungi kepentingan dalam ekonomi nasional terhadap berbagai kemungkinan pengaruh buruk/negatif dari berbagai negara lain 
2.      Melindungi kepentingan industri di dalam negeri dari berbagai kemungkinan persaingan yang tidak sehat maupun kondisi yang kurang menguntungkan.
3.      Melindungi lapangan kerja agar bisa tetap tersedia. 
4.      Menjaga keseimbangan dan stabilitas neraca terhadap pembayaran internasional 
5.      Mampu mendorong laju ekspor 
6.      Menjaga tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan stabil.
7.      Menjaga stabilitas nilai tukar atau kurs. 
Adapun macam-macam kebijakan perdagangan internasional adalah sebagai berikut :
1.      Kebijakan Perdagangan Bebas
Perdagangan bebas adalah kebijakan perdagangan yang menginginkan adanya kebebasan perdagangan, dengan demikian tidak ada rintangan yang menghalangi arus produk dan ke luar negeri. 
2.      Kebijakan Perdagangan "Proteksionis"
Kebijakan  perdagangan proteksionis adalah kebijakan perdagangan yang melindungi produk-produk dalam negeri agar mampu bersaing dengan produk asing yang dilakukan dengan cara  membuat berbagai  rintangan/hambatan arus produksi dari dan keluar negeri.  
Jenis  – jenis dari  kebijakan perdagangan internasional dapat diberlakukan untuk impor dan ekspor.

1.      Kebijakan Perdagangan Internasional di Bidang Impor
Kebijakan perdagangan internasional untuk impor antara lain adalah  kuota, tarif, subsidi, dan larangan  impor.
a.      Kuota
Kuota merupakan jumlah yang ditetapkan untuk suatu  kegiatan dalam  satu masa atau suatu waktu tertentu. Jadi, kuota dalam impor adalah jumlah total jumlah barang yang dapat diimpor dalam masa tertentu. Kuota dapat dibedakan menjadi 4:
a)      Absolute/Unilateral Quota yaitu kuota yang besar kecilnya ditentukan oleh satu negara tanpa persetujuan negara lain.
b)     Negotiated/Bilateral Quota yaitu kuota yang besar kecilnya ditentukan oleh perjanjian 2 negara atau lebih.
c)      Tarif Quota yaitu gabungan antara tarif dan quota.
d)     Mixing Quota yaitu kuota yang dimaksudkan untuk membatasi penggunaan bahan mentah yang diimpor dalam proses produksi.

b.      Tarif
Kebijakan ini diambil pemerintah dengan menetapkan tarif tinggi untuk mengimpor suatu jenis barang.  Dengan pengenaan tarif, harga barang impor menjadi mahal, sehingga barang sejenis yang diproduksi di dalam negeri akan memiliki daya saing dan dibeli konsumen.
Tarif dapat dibedakan menjadi 3 macam antara lain sebagai berikut :
1.      Tarif Ad Valorem yaitu tarif yang besarnya dinyatakan dalam presentasi dari nilai yang dikenakan tarif.
2.      Tarif Specific yaitu tarif yang besarnya dihitung atas dasar satuan/ukuran fisik barang yang diimpor.
3.      Tarif Specific Ad Valorem yaitu tarif hasil kombinasi antara tarif Ad Valorem dan Specific.
c.       Subsidi
Karena ada perbedaan harga antara barang impor dan barang dalam negeri, kemungkinan harga barang impor lebih murah daripada harga barang produksi dalam negeri. Agar harga produksi dalam negeri dapat ditekan pemerintah dapat memberi subsidi pada produsen dalam negeri.
Ada 2 tujuan pemberian subsidi terkait dengan perdagangan internasional yaitu untuk mengurangi ketergantungan terhadap barang impor dan untuk mendorong produsen dalam negeri agar mampu memproduksi lebih banyak.

Pemberian subsidi pada perusahaan yang berorientasi ekspor akan mendorong produsen memproduksi lebih banyak, sehingga mampu mengekspor lebih banyak. Subsidi biasanya diberikan pemerintah dalam bentuk modal, keahlian, mesin-mesin, peralatan, keringanan pajak, pengembalian pajak, fasilitas kredit, dan subsidi harga.
d.      Larangan Impor
Larangan impor adalah kebijakan perdagangan internasional yang melarang secara mutlak impor komoditas tertentu karena alasan – alasan khusus, baik yang bersifat ekonomi maupun politis.
Dengan berbagai alasan, terdapat barang tertentu yang dilarang impor. Larangan impor bisa jadi dilakukan untuk membalas tindakan negara lain yang telah terlebih dahulu melarang impor dan bisa juga dilakukan untuk menghemat devisa.
2.      Kebijakan Perdagangan Internasional di Bidang Ekspor
Beberapa kebijakan perdagangan internasional di bidang ekspor adalah sebagai berikut:
a.      Diskriminasi Harga
Diskriminasi harga adalah suatu tindakan dalam penetapan harga barang yang berbeda untuk suatu negara dengan negara lainnya. Dalam perdagangan internasional, diskriminasi harga dapat diberlakukan di negara yang berbeda untuk barang yang sama. Dan harga untuk negara yang satu lebih mahal atau lebih murah daripada negara lainnya. Hal ini dilakukan atas dasar perjanjian atau dalam rangka perang tarif.
b.      Pemberian Premi (Subsidi)
Kebijakan ini diambil pemerintah untuk memajukan ekspor adalah dengan memberi premi kepada badan usaha yang melakukan ekspor. Pemberian premi biasanya dalam bentuk uang, serta pembebasan pajak dan fasilitas lain. Dengan tujuan agar barang ekspor memiliki daya saing di luar negeri. Dan biasanya premi di berikan ketika suatu perusahaan mencapai target produksi yang di tentukan oleh pemerintah.

c.       Dumping
Dumping adalah kebijakan yang menetapkan harga jual di luar negeri lebih murah dibandingkan harga di dalam negeri. Tujuan dari kebijakan ini adalah untuk menguasai pasar internasional. Cara dumping ini dapat dilakukan jika pasar dalam negeri dapat dikendalikan oleh pemerintah.
d.      Politik Dagang Bebas
Kebijakan ini merupakan pemberian kebebasan dalam ekspor dan impor oleh masing-masing pemerintah. Kebebasan dalam perdagangan ini akan membawa beberapa keuntungan seperti mutu barang yang tinggi dan harga yang relatif murah.
e.       Larangan Ekspor
Larangan ekspor merupakan kebijakan pemerintah yang melarang baran dan jasa dijual keluar melewati batas negara (ekspor) karena alasan – alasan khusus, baik yang bersifat ekonomi, politis, sosial, atau budaya. Umumnya ada dalih yang digunakan untuk memberlakukan kebijakan tersebut seperti alasan keamanan atau kesehatan.

2.7 Tujuan Kebijakan Perdagangan Internasional
Kebijakan perdagangan internasional diterapkan baik dalam kegiatan impor maupun ekspor. Kegiatan perdagangan impor di tujukan untuk mengatasi dampak buruk dari mengimpor barang. Salah satu keburukan mengimpor barang adalah perusahaan dalam negeri yang memproduksi jenis barang yang sama akan kalah saing dengan barang impor. Kebijakan perdagangan internasional di bidang ekspor juga di tujukan untuk melindungi produksi dalam negeri di samping memperoleh keuntungan.

Dari pemaparan di atas terdapat lagi beberapa tujuan kebijakan perdagangan internasional adalah sebagai berikut :

1.      Mengendalikan Ekspor dan Impor
Setiap negara dapat menggunakan kebijakan perdagangan internasional untuk mengendalikan ekspor dan impor.Kebijakan perdagangan bebas berusaha meningkatkan ekspor dengan cara menghapus hambatan perdagangan. Sedangkan kebijakan perdagangan "proteksionis" berusaha   meningkatkan ekspor antara lain dengan cara menurunkan tarif ekspor.
2.     Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi
Perekonomian akan tumbuh dengan baik bila hasil produksi yang melimpah dapat diekspor ke berbagai negara. Perekonomian akan tumbuh dengan baik bila negara bisa melindungi industri dalam negeri, di antaranya dengan cara memberlakukan kuota impor (batasan impor) atau bahkan larangan untuk mengimpor barang tertentu.
3.     Menyehatkan Neraca Pembayaran
Untuk menghindari defisit (kekurangan) dalam neraca pembayaran, negara dapat menggunakan kebijakan perdagangan proteksionis sebagai salah satu alat. Caranya yaitu dengan berusaha meningkatkan ekspor dan sekaligus menekan impor dengan berbagai cara, seperti memberlakukan kuota impor, tarif impor dan larangan impor.

2.8 Neraca Pemabayaran

Neraca pembayaran internasional (Balance of Payment) adalah catatan yang tersusun secara sistematis mengenai seluruh transaksi ekonomi internasional yang dilakukan penduduk suatu negara itu dengan penduduk negara lain dalam jangka waktu tertentu. Penduduk merupakan orang per-orang, badan hukum, dan pemerintah.
Transaksi ekonomi yang dicatat dalam neraca pembayaran dapat di-golong-kan menjadi dua yaitu Transaksi Debit dan Transaksi Kredit. Transaksi debit adalah transaksi yang menimbulkan kewajiban bagi penduduk suatu negara lain. Transaksi kredit adalah transaksi yang menimbulkan hak bagi penduduk suatu negara untuk menerima pembayaran dari penduduk negara lain.

Neraca pembayaran terbentuk dari beberapa komponen utama yaitu sebagai berikut :

a.      Neraca Belanja
Neraca belanja adalah jumlah saldo dari neraca perdagangan transaksi unilateral.
1.      Neraca Perdagangan
Neraca perdagangan terdiri atas :
a)      Neraca perdagangan barang
b)      Neraca perdagangan jasa
Kemungkinan yang terjadi pada suatu negara pada neraca perdagangan yaitu surplus, defisit, atau seimbang. Surplus terjadi apabila ekspor lebih besar dari impor. Defisit terjadi apabila impor lebih besar dai ekspor. Seimbang terjadi apabila ekspor sama dengan impor.
2.      Transaksi Unilateral
Transaksi unilateral merupakan transaksi yang tidak menimbulkan hak atau kewajiban secara hukum bagi negara yang menerimanya.
b.      
Neraca Lalu Lintas Modal
Neraca lalu lintas modal mencatat arus modal pemerintah dan swasta.




BAB 3
PENUTUP



3.1 Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan dalam makalah sebagaimana sebelumnya, dapat disimpulkan  bahwa:
1.      Perdagangan internasional adalah kegiatan ekspor dan impor antar negara.
2.      Terdapat 2 teori tentang perdagangan internasional yaitu teori keunggulan mutlak dan teori keunggulan komparatif.
3.      Manfaat dari perdagangan internasional sangat banyak seperti memperluas lapangan kerja, memperluas daerah pemasaran, memperoleh devisa, dan lain-lain.
4.      Kita harus bekerja sama dengan bangsa-bangsa lain untuk saling tukar menukar hasil produksi.
5.   Semakin berkembangnya perekonomian suatu negara semakin banyak pula kebutuhan masyarakatnya.


3.2 Saran

Sebelum mengakhiri makalah ini Kami menyarankan  :

1.     Pihak terkait sebaiknya membuat peraturan-peraturan tentang bagaimana cara pembayaran antar negara agar tercipta negara yang damai.
2.      Agar kebutuhan penduduknya terpenuhi, suatu negara harus melakukan perdagangan internasional yaitu kegiatan ekspor dan impor.
3.      Apabila seseorang ingin membeli barang yang tidak bisa dihasilkannya maka dia harus mempunyai daya beli.
Demikianlah saran-saran dari kami, semoga bisa membawa manfaat bagi kita semua khususnya bagi pembuat makalah dan juga bisa bermanfaat bagi pembaca untuk bisa mengetahui tentang betapa pentingnya perdagangan.





DAFTAR PUSTAKA

R. Fitria Hartatik, Aisyah Nur Mimin. Ekonomi Untuk SMA dan MA Kelas XI Jilid 2. Jakarta: Pusat Pembukuan.
S. Alam,2014. Ekonomi Untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum 2013. Jakarta:ESIS

http://agenoame.blogspot.co.id/2017/12/makalah-ekonomi-tentang-perdagangan_5.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad