Memuat Makalah-Makalah Tingkat SMA/MA dari Semua Jurusan. Mulai Dari Jurusan IPA, Jurusan IPS Hingga Jurusan Bahasa. Semua Makalah atau Contoh Makalah Didalam Blog ini, Disesuaikan Dengan Mata Pelajaran Masing-Masing Jurusannya. Anda Dapat Mencari Sesuai Jurusan atau Mata Pelajaran Yang Anda Minati. Anda Juga Dapat Menyalin (Meng-kopi) Makalah Di Blog Ini Secara Gratis dan Setelah Itu Membagikannya Ke Media Sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google+ dan Media Sosial Lainnya.

Makalah Terbaru

Post Top Ad

Sabtu, 24 Maret 2018

Makalah Terbaru Tentang Sel Eukariota


MAKALAH TENTANG SEL EUKARIOTA



BAB I
PENDAHULUAN


A.          LATAR BELAKANG

Eukariota adalah organisme dengan sel yang memiliki nukleus dan organel bermembran lainnya. Eukariota berada dalam takson Eukarya atau Eukaryota. Fitur yang mendefinisikan yang menetapkan sel eukariotik terpisah dari sel prokariotik (Bacteria dan Archaea) adalah bahwa mereka memiliki organel bermembran, terutama inti, yang berisi materi genetik, dan tertutup oleh selubung nucleus. Kehadiran inti memberikan eukariota nama mereka, yang berasal dari bahasa Yunani ευ (eu, "baik") dan κάρυον (karyon, "kacang" atau "kernel"). Sel eukariotik juga mengandung organel bermembran lainnya seperti mitokondria dan badan Golgi. Selain itu, tumbuhan dan alga mengandung kloroplas. Organisme eukariotik mungkin uniseluler atau multiseluler. Hanya eukariota yang memiliki banyak jenis jaringan yang terdiri dari jenis sel yang berbeda.



B.           RUMUSAN  MASALAH

1.    Apa ciri-ciri sel Eukariota?
2.    Apa yang dimaksud dengan sel Eukariota?
3.    Bagaimana bentuk membran sel Eukariota?
4.    Apa yang dimaksud dengan Mitokondria dan Plastida ?
5.      Apa Peranan sel Eukariota dalam Kehidupan?


B.           TUJUAN/MANFAAT

1.    Dapat mengetahui ciri-ciri sel Eukariota?
2.    Dapat mengetahui pengertian dari sel Eukariota?
3.    Dapat mengetahu bentuk membran sel Eukariota?
4.    Dapat mengetahui pengertian dari Mitokondria dan Plastida ?
5.      Dapat memahami peranan sel Eukariota dalam Kehidupan?


BAB II
PEMBAHASAN


A.          CIRI- CIRI SEL EUKARIOTA
Secara umum, sel eukariota memiliki ukuran yang lebih besar dari prokariota dan memiliki bagian-bagian sub-selular yang disebut dengan organel dan sitoskeletonyang terdiri atas mikrotubulus, mikrofilamen dan filamen antara. Berbeda dengan prokariota, DNA eukariota disimpan dalam kumpulan kromosom yang tersimpan didalam nuklei yang terbungkus membran nuklei. Selain melakukan pembelahan selsecara aseksual, kebanyakan eukariota juga bisa melakukan reproduksi seksual melaluiproses fusi sel, yang tidak ditemukan pada prokariota.

Makalah Biologi tentang Eukariota
Eukariota dan beberapa contoh keanekaragamannya (sumber : wikipedia)


Eukariota dapat bereproduksi baik melalui reproduksi aseksual melalui mitosis dan reproduksi seksual melalui meiosis. Dalam mitosis, satu sel membelah untuk menghasilkan dua sel yang identik secara genetik. Dalam meiosis, replikasi DNA diikuti oleh dua putaran pembelahan sel untuk menghasilkan empat sel anak masing-masing dengan setengah jumlah kromosom dari sel induknya (sel haploid). Sel-sel ini bertindak sebagai sel kelamin (gamet – masing-masing gamet hanya memiliki satu pelengkap kromosom, masing-masing campuran unik dari pasangan kromosom orangtua yang sesuai) yang dihasilkan dari rekombinasi genetik selama meiosis.

Domain Eukaryota tampaknya monofiletik, dan membuat salah satu dari tiga domain kehidupan. Dua domain lainnya, Bacteria dan Archaea, adalah prokariota[6] dan tidak memiliki ciri-ciri di atas. Eukariota merupakan minoritas kecil dari semua makhluk hidup.[7] Namun, karena ukuran mereka jauh lebih besar, biomassa kolektif eukariota di seluruh dunia diperkirakan sekitar setara dengan prokariota.[7] Eukariota pertama kali berkembang sekitar 1,6-2,1 miliar tahun yang lalu.


B.           MEMBRAN INTERNAL SEL EUKARIOTA
Sel eukariotik memiliki bermacam-macam struktur yang dibatasi membran, yang secara kolektif disebut sistem endomembran. Ruang sederhana, yang disebut vesikelatau vakuola, dapat terbentuk dengan pemisahan dari membran lain. Banyak sel menelan makanan dan bahan lain melalui proses yang disebut endositosis, dimanamembran luar melekuk ke dalam kemudian putus membentuk vesikel. Kemungkinan banyak organel bermembran lainnya berasal dari vesikel yang demikian.Inti sel dilapisi oleh membran ganda, yang memiliki pori-pori yang memungkinkan bahan-bahan keluar-masuk. Bermacam peluasan membran nukleus yang berbentuktabung atau lembaran membentuk retikulum endoplasma (atau RE), yang terlibat dalamtranspor dan pematangan protein. RE terdiri atas RE kasar yang memiliki ribosom yangmelekat, dan protein yang disintesis ribosom itu memasuki ruang dalam atau lumen .Kemudian, biasanya mereka memasuki vesikel, yang terpisah dari RE halus. Padakebanyakan eukariota, vesikel pembawa protein ini dilepaskan dan dimodifikasi padatumpukan vesikel yang memipih yang disebut badan Golgi atau diktiosom.
            Vesikel dapat berspesialisasi untuk beragam kegunaan. Contohnya, lisosom mempunyaienzim yang menguraikan isi vakuola makanan, dan peroksisom yang fungsinyamenguraikan peroksida, yang beracun. banyak protozoa memiliki vakuola kontraktil,yang mengumpulkan dan membuang kelebihan air dan ekstrusom, yang mengeluarkanbahan yang dipakai untuk melawan pemangsa atau menangkap mangsa. Padatumbuhan tingkat tinggi, sebagian besar ruang sel diisi oleh vakuola pusat, yang fungsiutamanya untuk menjaga tekanan osmotik.

C.           MITOKONDRIA DAN PLASTIDA
Mitokondria adalah organel yang ditemukan pada hampir semua eukariota.Mitokondria diselubungi membran ganda, yang membran dalamnya berlekuk-lekuk kedalam membentuk krista, tempat berlangsungnya respirasi aerobik. Mitokondriamemiliki DNA dan ribosom-nya sendiri dan hanya terbentuk dari pembelahanmitokondria lain. Sekarang mereka umumnya berkembang dari prokariota yangberendosimbiosis, mungkin proteobacteria. Beberapa protozoa yang tidak memilikimitokondria ditemukan mempunyai organel yang diturunkan dari mitokondira sepertihidrogenosom dan mitosom.Tumbuhan dan berbagai kelompok alga juga memiliki plastida. Dan plastida ini jugamempunyai DNA sendiri dan berkembang dari proses endosimbiosis, dalam hal inicyanobacteria. Biasanya plastida berbentuk kloroplas, yang mengandung klorofil danmenghasilkan energi melalui fotosintesis seperti halnya cyanobacteria. Plastida lainterlibat dalam menyimpan makanan. Meskipun plastida mungkin memiliki satu asal,tidak semua grup yang memiliki plastida berkerabat dekat. beberapa eukariotamendapatkannya dari yang lain dengan endosimbiosis penelanan sekunder.Sel eukariotik mempunyai dua buah isoenzim malate dehydrogenase yang berupamitokondria (m-MDH) dan plastida (bahasa Inggris: cytoplasmic) (s-MDH). Enzim iniberfungsi untuk konfigurasi isomer L pada asam malik (bahasa Inggris: malate). Inhibitorenzim ini adalah ATP, ADP, AMP, tiroksin, yodium sianida, and molekul yodium.

D.          REPRODUKSI SEL EUKARIOTA
Reproduksi eukariota dilakukan melalui pembelahan sel, yang umumnya terjadi secara mitosis, yaitu proses pembelahan inti sel yang menyebabkan sebuah sel anakmenerima duplikat setiap kromosom yang dimiliki sel induk. Pada kebanyakan eukariotaterdapat juga reproduksi seksual, di antara sel haploid, yaitu sel yang hanya memilikisatu buah kromosom dari masing-masing pasang kromosom yang dimiliki sel induk yangmelibatkan proses fusi inti sel (singami) dan pembelahan secara meiosis yangmenghasilkan sel diploid, yaitu sel yang memiliki pasangan kromosom yang lengkap.

E.            PERAN SEL EUKARIOTA
Peranan Sel Eukariota (Eukariotik) dalam kehidupan berbeda sesuai dengan jenis organelnya. Secara umum dapat dikemukakan sebagai berikut :
1.              mewarisi sifat induk kepada generasi berikutnya (anakan)
2.              memiliki peran dalam proses respirasi seluler
3.              berperan dalam pembuatan protein / sintesis protein
4.              sarana dalam proses ekskresi sel
5.              membentuk membran plasma, membentuk lisosom, membentuk dinding sel tumbuhan, dan sebagai tempat untuk memodifikasi protein
6.              membantu sintesis lipid, metabolisme karbohidrat, dan detoksifikasi racun
7.              sebagai tempat / ruang pencernaan
8.              berperan dalam proses perombakan asam lemak dan racun sel
9.              berperan penting dalam proses pembelahan sel hewan
10.       membatasi segala kegiatan yang terjadi di dalam sel sehingga tidak mudah terganggu oleh pengaruh dari luar
11.       memberikan ketahanan terhadap tekanan pada sel, perpindahan sel (pada silia dan flagella), pergerakan kromosom saat pembelahan sel (anafase), pergerakan organel, membentuk sentriol pada sel hewan
12.       sebagai tempat untuk melakukan proses fotosintesis
13.       melindungi sitoplasma dan membran sitoplasma
14.       tempat penyimpanan cadangan makanan




BAB III
PENUTUP


  1. KESIMPULAN

Dari makalah ini dapat di simpulkan bahwa : Secara umum, sel eukariota memiliki ukuran yang lebih besar dari prokariota dan memiliki bagian-bagian sub-selular yang disebut dengan organel dan sitoskeletonyang terdiri atas mikrotubulus, mikrofilamen dan filamen antara. Berbeda dengan prokariota, DNA eukariota disimpan dalam kumpulan kromosom yang tersimpan didalam nuklei yang terbungkus membran nuklei. Selain melakukan pembelahan selsecara aseksual, kebanyakan eukariota juga bisa melakukan reproduksi seksual melaluiproses fusi sel, yang tidak ditemukan pada prokariota.

Eukariota dapat bereproduksi baik melalui reproduksi aseksual melalui mitosis dan reproduksi seksual melalui meiosis. Dalam mitosis, satu sel membelah untuk menghasilkan dua sel yang identik secara genetik. Dalam meiosis, replikasi DNA diikuti oleh dua putaran pembelahan sel untuk menghasilkan empat sel anak masing-masing dengan setengah jumlah kromosom dari sel induknya (sel haploid). Sel-sel ini bertindak sebagai sel kelamin (gamet – masing-masing gamet hanya memiliki satu pelengkap kromosom, masing-masing campuran unik dari pasangan kromosom orangtua yang sesuai) yang dihasilkan dari rekombinasi genetik selama meiosis.





  1. SARAN
Untuk menyempurnakan pembahasan ini, Kami tak henti-hentinya meminta kritik dan saran yang konstruktif.





DAFTAR PUSTAKA




https://id.wikipedia.org/wiki/Eukariota

https://makalah-web.blogspot.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad